Selasa, 21 Maret 2017

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Diabetes

Ketahui beberapa pantangan makanan bagi penderita penyakit diabetes ,- Jika Anda adalah salah seorang yang menderita penyakit diabetes, untuk mempercepat kesembuhan dan terutama mengurangi resiko negatif dari diabetes tentu selain gaya hidup, pola makan juga harus selalu di perhatikan, terutama yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes.

Apa Saja Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Diabetes ?


Asupan makanan sangat berpengaruh untuk penderita diabetes. Berikut daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi pasien diabetes yang kami ambil dari situs http://www.alodokter.com/perhatikan-apa-saja-pantangan-diabetes/ diantaranya adalah :
  • Karbohidrat
    Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai tambahan tenaga, tapi hindari mengonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula tapi sedikit serat.

    Sebaliknya, pilih beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau makanan yang terbuat dari jagung lebih baik untuk di konsumsi bagi penderita diabetes
  • Protein
    Pantangan diabetes berikutnya adalah daging yang digoreng, kulit unggas, keju, ikan goreng, dan tahu goreng. Seseorang yang menderita diabetes bisa mendapatkan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.
  • Produk susuProduk susu yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Tapi, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi produk susu, seperti susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.
  • Minuman dan buah-buahan
    Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat, tetapi memiliki kadar lemak yang rendah.

    Penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman kemasan rasa buah, minuman jus buah yang sudah dicampur gula, dan buah kalengan yang sudah ditambahkan sirup gula. Selai buah yang sudah ditambahkan gula juga sebaiknya dihindari. Sebagai alternatif, pilihlah buah-buahan yang segar, jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis apa pun, atau selai yang tidak mengandung gula.

    Penderita diabetes juga sebaiknya menghindari minum teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah stamina (energy drink). Selain air putih, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi teh tanpa gula, kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula, dan minuman coklat panas tanpa pemanis.
  • Sayuran
    Sayuran adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan. Pilihlah sayuran yang segar. Bisa dimakan mentah atau diolah dengan cara dikukus sebentar atau dipanggang.

    Hindari mengonsumsi sayuran yang ditambah saus, keju, dan mentega. Selain itu, cobalah sisihkan sayuran kalengan yang sudah ditambahkan banyak garam dari menu sehari-hari. Jika penderita diabetes memiliki tekanan darah tinggi, hindari sayuran yang sudah dijadikan acar.

Jika penderita diabetes tetap mengonsumsi makanan yang seharusnya dipantang, gula darah dapat mengalami lonjakan. Akibatnya, bisa terjadi berbagai komplikasi, misalnya meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf. Penyakit kardiovaskular yang dapat diderita antara lain serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah.

Kerusakan saraf dapat menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, mati rasa, hingga nyeri. Rasa ini dapat menyebar hingga ke kaki bagian atas. Komplikasi ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dapat melukai dinding kapiler (pembuluh darah kecil) yang berfungsi menyehatkan saraf, terutama di bagian kaki. Jika kerusakan saraf terjadi di bagian pencernaan, dapat menyebabkan diare dan sembelit. Disfungsi ereksi juga dapat terjadi pada pria akibat adanya persarafan yang rusak.

Asupan makanan sehat dapat membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, apabila Anda mengidap diabetes, sebaiknya hindari makanan pantangan diabetes.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pasien diabetes : 
  • Turunkan berat badan jika berlebih atau obesitas
  • Berolahraga secara teratur
  • Ganti nasi putih dengan sumber kaarbohidrat lain seperti beras merah, ubi, singkong, atau serealia
  • Ganti gula pasir dengan gula rendah kalori, gula kelapa, atau pemanis buatan
  • hindari merokok dan alkohol
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Share this

0 Comment to "Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Diabetes"

Posting Komentar